1. Menentukan Target Audiens
Landasan untuk membangun merek adalah menentukan target audiens.
Mengapa demikian?
Karena Anda tidak akan bisa menjadi segalanya bagi semua orang.
Itulah pentingnya saat membangun MEREK, terlebih dahulu pastikan target Audiens bisnis Anda. Mulailah dengan satu pertanyaan sederhana, sebenarnya siapa yang ingin Anda jangkau?
Hal ini perlu karena Anda akan menyesuaikan Misi dan Pesan Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Maksud penargetan ini adalah untuk mengetahui lebih spesifik tentang perilaku dan gaya hidup calon konsumen Anda. Agar lebih mudah, saya jelaskan dengan beberapa contoh singkat:
- ibu tunggal yang bekerja di rumah ( berdasarkan gender & daya beli)
- pengguna awal yang mahir teknologi ( berdasarkan wawasan pengguna)
- mahasiswa yang belajar di luar negeri (berdasarkan tingkat pendidikan)
- profesionalis perekrutan eksekutif ( berdasarkan pengalaman) kerja