(Credit title by TeknoVou on March 6th, 2018)

Saat ini, dunia sedang mengagumi layar yang dimiliki oleh smartphone iPhone X besutan Apple Inc, karena memiliki layar penuh dengan lekukan hitam dibagian atas layar yang disebut “notch”. Dan saat ini, banyak sekali lontaran cemoohan dan para netizen karena beberapa smartphone mulai “meniru” desain iPhone dengan notch pada bagian atasnya. Kemungkinan besar, desain seperti ini bakal memenuhi pasar dari tahun 2018 sampai tahun depan.

Akan tetapi, apakah desain full screen dengan notch tersebut dicetus pertama kali oleh Apple? Sebuah dokumen menunjukkan bahwa OPPO telah mendaftarkan desain layar full screen dengan notch dari tanggal 9 Januari 2017 lalu! Bahkan pada saat yang sama, OPPO juga mematenkan desain notch yang berbeda-beda, seperti berbentuk segitiga, setengah lingkaran, dan lain sebagainya.

OPPO pun memiliki paten untuk desain full screen dengan notch tiga bulan lebih awal dari Apple yang disetujui pada tanggal 29 September 2017. Menurut OPPO, hal ini membuat OPPO menjadi pemegang paten pertama untuk desain layar tersebut. OPPO juga bakal merilis smartphone dengan desain layar penuh yang memiliki notch dibagian atasnya dengan nama OPPO R15. Hal tersebut tidak berarti bahwa OPPO meniru desain smartphone lain karena memang sudah terdapat bukti paten yang sudah didaftarkan terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *